Cimone City: New Icon Lifestyle Mall in Tangerang City

Image

Kota Tangerang segera memiliki life style mall baru yang mulai beroperasi pada bulan Februari 2014 mendatang. Pasokan mal baru yang dikembangkan oleh developer Adhi Persada Realti ini mengusung konsep trade mall, konsep pusat perbelanjaan yang tengah menjadi primadona saat ini.

Memiliki luasan 22.000 m2, Cimone City, pusat perbelanjaan yang berada di tengah kota ini membidik pasar kelas menengah Tangerang sebagai target marketnya. Dari total luasan tersebut, pengembang menawarkan penjualan 9.500 m2 area komersial kepada masyarakat dengan konsep strata tittle, sedangkan sisanya disewakan.

Project Director Cimone City, Wahyu Kurniawan kepada Property Inside menjelaskan, untuk ruang sewa saat ini pihaknya telah melakukan kontrak kerjasama dengan Lotte Mart, perusahaan ritel ternama dari Korea Selatan yang tengah gencar berekspansi di Indonesia. Lotte Mart berkomitmen menyewa 8.000 m2 ruang sewa pusat perbelanjaan Cimone City selama 20 tahun mendatang.

“Kami sangat optimis Cimone City akan menjadi ikon trade mal di Tangerang, kami yakin prospek mal dengan target pasar kelas menengah ini sangat cerah di sini. Optimisme kami sangat beralasan, mengingat perusahaan ritel sebesar Lotte Mart berkomitmen mengembangkan usahanya di sini. Tentu perusahaan ritel Korea Selatan ini tidak sembarangan memilih mal sebagai tempat usahanya, pastinya mereka telah mempelajari dan menganalisa potensi kami,” jelas Wahyu.

Cimone City adalah lifestyle mal satu-satunya di Tangerang yang menawarkan konsep trade mal dengan target pasar kelas menengah. Konsep ini sangat menarik karena memadukan pusat perbelanjaan dengan gaya hidup masyarakat perkotaan. Terbukti selain Lotte Mart, anchor tenant seperti American Fast Food A&W Restaurant, Baskin Robins, Es Teler 77 sampai Apotik Century sudah bergabung dengan Cimone City.

“Sebagai aplikasi konsep life style mall, kami menyiapkan area Food & Beverage yang akan memanjakan pengunjung untuk melepas penat dan bersosialisasi di sini. Bahkan kami sedang menyiapkan cinema studio pada roof top mal ini sebagai pelengkap konsep life style mall. Kami juga menyediakan lahan parkir yang representatif untuk mobil dan motor demi kenyamanan pengunjung,” ungkapnya.

Tidak berlebihan jika menilai Cimone City akan menjadi ikon mal baru di Tangerang, calon investor ataupun pedagang yang berencana membeli unit-unit kios di sini akan mendapat keuntungan berganda, mengingat mal ini telah siap beroperasi. Calon investor dan pedagang tidak perlu menunggu lama operasional mal sejak pembelian mereka, karena area komersial yang ditawarkan telah siap (ready stock). Selain itu, capital gain unit properti yang ditawarkan diprediksi melesat dengan tingginya tingkat okupansi mal ini. Tentu ini sangat menguntungkan pembeli.

“Sebelum kami tangani, mal ini sempat mangkrak. Ketika kami akuisisi, posisi pembangunan struktur telah selesai, tinggal menyelesaikan pengerjaan fassad dan mechanical electronic systemnya saja. Bulan Februari 2013 kami mulai pengerjaan dan pada Desember 2013 rampung pengerjaannya, bulan Februari tahun depan mulai beroperasi,” jelas dia.

Untuk area komerisal yang dijual, Wahyu menyatakan bahwa pihaknya mematok harga jual sebesar Rp 50 juta/m2 semi gross. Pengembang sendiri tahun ini menargetkan penjualan sepertiga dari 9.500 m2 area yang dijual. “Saat ini penjualan kami sudah mencapai di atas 60% dari target, di lantai upper ground saja telah terjual seluas 1.500 m2.”

Lebih lanjut Wahyu menjelaskan bahwa Cimone City yang berdiri di atas lahan seluas 14.888 m2 ini ke depannya masih akan terus melakukan pembangunan. Salah satunya adalah pembangunan hotel dengan konsep hotel budjet. Adhi Persada Realti tengah mempelajari apakah hotel ini akan dibangun terpisah atau extend di atas gedung mal ini.

“Nantinya kami hadirkan hotel budjet di sini, kemungkinan berkapasitas 154 kamar. Sudah ada investor yang berminat. Konsep hotel budjet diterapkan supaya bersinergi dengan area Food & Beverage Cimone City,” ungkap Wahyu.

Adhi Persada Realti sendiri menanamkan investasi sebesar Rp 200 miliar untuk Cimone City, sementara untuk hotel diperkirakan menelan investasi sebesar Rp 50 miliar. Selain Cimone City, anak usaha perusahaan konstruksi PT. Adhi Karya,Tbk, ini juga mengembangkan mal Mandau City di Duri, Riau. Sementara untuk proyek perumahan, Adhi Persada Realti tengah mengembangkan Taman Dhika Sidoarjo di Jawa Timur. Kapitalisasi perusahaan ini di tahun 2013 diprediksi di atas Rp 600 miliar dan akan terus berkembang mengingat industri properti tanah air yang terus bergerak pesat.

Leave a comment